livingwellawake.com РDiare adalah sebuah kondisi ketika pengidapnya buang air besar (BAB) lebih sering dari biasanya. Kondisi ini bisa menyebabkan seseorang BAB sebanyak tiga kali atau lebih dalam satu hari. Selain itu, feses yang keluar juga lebih encer.  Ada dua jenis diare yang bisa terjadi, yaitu akut atau kronis (persisten). Diare akut adalah jenis yang berlangsung dalam waktu singkat. Ini adalah masalah kesehatan yang umum.

Kondisi ini juga biasanya berlangsung sekitar satu atau dua hari, tapi bisa juga lebih lama, kemudian menghilang dengan sendirinya. Diare yang berlangsung lebih dari beberapa hari merupakan pertanda dari masalah yang lebih serius. Jenis kronis yang berlangsung minimal empat data macau minggu bisa menjadi gejala penyakit kronis. Gejala pada jenis kronis bisa berlangsung terus-menerus atau datang dan pergi.

Penyebab Penyakit Diare Muncul

1. Infeksi parasit atau jamur

Selain bakteri dan virus, diare juga dapat disebabkan oleh konsumsi makanan atau minuman yang terkontaminasi jamur atau parasit. Giardia duodenalis merupakan parasit yang dapat menjadi penyebab diare pada manusia.

Diare yang disebabkan oleh infeksi parasit umum terjadi terutama di tempat-tempat yang sanitasi airnya buruk, lingkungannya tidak steril, dan orang-orangnya tidak menjaga kebersihan.

Bahan makanan atau air dapat terkontaminasi oleh parasit sewaktu masa pengolahan, produksi, persiapan, pengiriman, atau penyimpanan.

2. Infeksi bakteri penyebab diare

Bakteri penyebab diare biasanya masuk ke dalam tubuh lewat makanan dan minuman yang tidak higienis. Bakteri juga dapat masuk ke dalam tubuh jika Anda mengonsumsi makanan yang tidak matang sempurna, entah itu sayuran, daging, atau pun ikan.

3. Berwisata ke tempat tertentu

Bepergian alias traveling adalah salah satu cara untuk melepas stres. Namun jika tidak hati-hati, destinasi favorit Anda bisa jadi penyebab mencret saat liburan.

Dalam dunia kedokteran, diare yang hanya terjadi saat liburan disebut dengan diare wisatawan. Saat liburan, diare dapat disebabkan oleh kecenderungan mencicipi makanan di area wisata yang belum tentu terjamin kebersihannya. Selain melalui makanan, kuman penyebab diare juga bisa tersebar dalam air minum maupun di perairan atau kolam renang di tempat wisata yang Anda kunjungi.

4. Infeksi virus

Diare tidak hanya disebabkan oleh bakteri, tapi juga virus. Jenis virus yang menjadi penyebab diare adalah rotavirus dan norovirus.

Jalur penularannya kebanyakan sama dengan infeksi bakteri, yaitu lewat konsumsi makanan dan minuman yang tidak higienis atau kontak langsung dengan orang yang sakit diare.

5. Kondisi medis tertentu yang jadi penyebab diare

Terkadang, diare juga bisa berlangsung dalam waktu yang lama. Bila gejalanya masih Anda rasakan sampai lebih dari dua minggu, maka diare termasuk dalam jenis kronis.

Bila diare akut sering ditimbulkan dari konsumsi makanan yang tidak higienis, diare kronis disebabkan oleh adanya penyakit peradangan pada saluran pencernaan Anda. Berikut beberapa penyakitnya.